Macam-Macam Gejala Alergi

Macam-Macam Gejala Alergi

Alergi yang terjadi pada kulit adalah alergi yang terjadi akibat dari reaksi sistem kekebalan tubuh yang mana dipicu oleh alergen yang mana hal tersebutlah yang menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit. Jika kalian masih belum mengetahui betul apa itu Alergen, itu adalah yang memicu timbulnya Alergen pada kulit sang penderita alergi. Nah, kami akan memberikan kalian beberapa info tentang apa saja macam-macam alergi yang mesti kalian ketahui agar kalian bisa mewaspadai nya.

Dermatitis Atopik (Eksim)

Macam-Macam Gejala Alergi

Ini adalah contoh pertama dari macam alergi yang banyak diderita, dimana gejala umum yang bisa dilihat dengan mudah adalah kulit menjadi sangat kering. Kulit akan mengering, merah, gatal dan iritasi. Terlebih jika kulit telah terinfeksi, maka kulit sang penderita akan mengalami pengelepuhan. Kebanyakan kasus Eksim ini terjadi pada keturanan dari keuarga atau orang yang menderita penyakit asma, rhinitis, dan alergi makanan.

Dermatitis Kontak Alergi

Macam-Macam Gejala Alergi
Keluhan ini terjadi pada penderita dimana ia bersentuhan langsung pada penderita alergen yang mana alergen yang dimaksud ini bisa berupa alergen seperti lateks, logam, parfum, bahkan tanaman. Contoh dari alergi yang satu ini bisa saja saat sang penderita alergi terhadap Nikel ( bahan dalam perhiasan ) dan kemudian kulit sang penderitanya akan mengalami gejala Dermatitis kontak alergi dimana gejala yang ditimbulkan biasanya merasa gatal-gatal.

Dermatitis Dishidrotik

Macam-Macam Gejala Alergi
Memiliki nama lain Pompholyx adalah sejenis Dermatitis yang terjadinya pada bagian kaki dan tangan. Gejala yang muncul biasa nya kulit akan merasa gatal dan sangat nyeri, kemudian kulit akan menjadi kemerehan, kering dan berkerak. Penyebab dasar dari alergi ini masih belum diketahui betul pastinya, namun banyak peneliti yang menyatakan jika penyebab dari alergi yang muncul ini berasal dari hawa dan cuaca yang buruk.

Angiodema

Macam-Macam Gejala Alergi
Ini adalah kondisi pembengkakan pada kapisan dalam kulit akibat adanya penimbunan cairan tubuh yang berlebih. Biasanya sang penderita akan mengalami gejala gatal yang dikarenakan oleh sentuhan pada bagian mata, tenggorokan, wajah, kelopak mata, bibir. Bahkan hingga ke bagian alat kelamin sekalipun. Biasanya gejala ini muncul bersamaan dengan gejala Biduran atau Urtikaria.

Angiodema umumnya terjadi dan dikatakan sebagai gejala alergi yang “akut” jika gejala yang terjadi ini berlangsung sangat cepat. Seperti pada hitungan jam saja bahkan bisa juga saking cepat nya reaksi yang terjadi ini bisa terjadi pada hitungan menit saja. Biasanya alergi yang terjadi ini terjadi karena sang penderita terserang alergi terhadap obat atau juga makanan. Sedangkan untuk Angiodema yang kronis masih belum bisa dipastikan kejelasan nya dari mana penyebab nya.

Pada umumnya pemicu kulit sang penderita terserang dan berakibat merah hal tersebut disebabkan oleh ALERGAN yang memicu kulit sang pasien menjadi iritasi. Pada setiap gejala yang terjadi saat sedang terserang alergi, ada baiknya jika sang penderita sesegera mungkin memeriksakan nya ke dokter agar gejala tersebut nantinya tidak semakin parah lagi. Namun jika kalian hanya mengobati nya saja pun tidak bisa menyembuhkan sampai habis penyakit alergi tersebut. Kalian harus mencegah nya juga dengan menghindari semu pemicu munculnya penyakit tersebut.

Categories: