Ciri-ciri Alergi Seafood Dan Penanganan

Ciri-ciri Alergi Seafood Dan Penanganan nya

Seafood adalah makanan laut yang mana banyak menyukainya. Bagi sebagian banyak orang, makanan ini menjadi makanan yang menjadi penyebab alergi. Sama hal nya seperti alergi-alergi yang lainnya, alergi Seafood akan muncul pada bagian tubuh layaknya seperti gejala-gejala alergi lainnya.

Yang mana muncul nya bisa kita lihat pada bagian tubuh. Umumnya alergi Seafood yang terjadi tersebut akibat respon sistem kekebalan tubuh terhadap protein yang terkandung dalam hewan laut tertentu.

Cirir-ciri

Beberapa orang ada yang hanya alergi pada satu dan beberapa makanan Seafood saja, namun banyak juga yang alergi terhadap semua jenis makanan Seafood. Alergi Seafood biasanya akan mudah terjadi pada usia remaja dan dewasa daripada mereka yang masih kecil.

Ciri-ciri Alergi Seafood Dan Penanganan nya

Walaupun alergi terhadap Seafood akan bisa hanya jika memeriksakan nya kedokter saja, namun melalui pertimbangan klinis dari serangkaian tes dan pertimbangan.

Berikut sejumlah gejala yang bisa dilihat dengan jelas:

  1. Gatal-gatal pada sebagian atau keseluruhan bagian tubuh.
  2. Mulut juga tenggorokan akan merasakan gatal dan panas.
  3. Akan terjadi pembengkakan pada bagian tubuh di area tertentu.
  4. Terjadi reaksi pada bagian usus yang mana ditandai dengan muntah dan diare.

Ada juga sebagian penelitian dari Australian Society of Clinical Immunology and Allergy (ASCIA), yang mana gejala alergi Seafood terbilang parah yang bisa dilihat pada sebagian orang yakni:

  1. Akan mengalami sesak nafas atau kesulitan dalam bernafas.
  2. Kehilangan kesadaran bahkan bisa langsung pingsan.
  3. Tekanan darah menurun secara drastic atau syok yang mana bahkan bisa mengancam jiwa.

Penanganan Dan Pencegahan

Ciri-ciri Alergi Seafood Dan Penanganan nya

  • Tahapan Ringan

Untuk dapat mencegah alergi yang masuk dalam tahapan ringan, anda bisa memastikan bahwa Seafood yang mau dimasak tersebut masih dalam keadaan segar saat mau dikonsumsi. Hal tersebut dilakukan guna menjaga agar menghilangkan segala parasit serta racun yang mungkin saja terdapat dalam Seafood tersebut. Pastikan dengan benar kebersihan yang ada pada seafood tersebut dengan benar-benar bersih.

  • Tahapan Parah

Namun beda hal nya penanganan yang dilakukan pada penderita alergi Seafood yang parah, yang mana sangat diwajibkan agar tidak mengonsums makanan yang tergolong Seafood. Karena kandungan asam lemak Omega-3 yang banyak terkandung dalam Seafood pastinya akan menyayangkan sekali jika tidak memakan nya. Para penderita alergi ini bisa meminta suplemen pengganti nutrisi yang terkadung dalam Seafood kepada dokter ataupun pakar kesehatan.

Categories: