Alergi Makanan Gejala Penyebab Dan Cara Mengobati

Alergi Makanan Gejala Penyebab Dan Cara Mengobati

Alergi Makanan Gejala Penyebab Cara Mengobati

Food allergy atau alergi makanan adalah reaksi alergi yang muncul setelah mengonsumsi makanan tertentu. Gejala umum yang dapat dilihat adalah mual dan muntah setelah mengonsumsi makanan tertentu tersebut. Kebanyakan gajala alegi makanan yang bisa terhitung ringan akan sering kita lihat.

Namun banyak juga gejala alergi makanan yang bisa membahayakan nyawa sekalipun. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui betul bagaimana cara mencegah dan meredakan alergi yang muncul tersebut.

Gejala

Gejala yang disebabkan oleh alergi pada makanan umumnya akan bereaksi pada hitungan menit hingga dua jam setelah mengomsumsi makanan tersebut. Dan adapun gejala yang bisa dijabarkan adalah sebagai berikut:

> Pilek atau hidung tersumbat.
> Ruam kulit yang terasa gatal.
> Gatal pada bagian mulut.
> Pembengkakan pada bagian wajah, bibir, lidah, maupun pada bagian tenggorokan.
> Susah menelan makanan ataupun minum.
> Sulit untuk berbicara.
> Mengalami mengi atau pembengkakan pada bagian-bagian tertentu.
> Sesak nafas, ini sangat berbahaya jika telah terjadi.

Bahkan sang penderita juga bisa menrasakan pada saluran pencernaan seperti sakit perut, diare, mual, muntah. Hal tersebut banyak disebabkan oleh intoleransi makanan.

Penyebab

Alergi pada makanan terjadi pada tubuh disaat kekebalan tubuh keliru menganggap protein didalam makanan tertentu sebagai ancaman bagi tubuh. Efek dari responan tersebut menyebabkan tubuh melepaskan antibodi yang disebut imunoglobulin E (IgE), guna menetralisir pemicu alergi (Alergen) yang ada pada makanan tersebut.

Walaupun sang penderita mengonsumsinya hanya sedikit, namun keseringan nya IgE akan tetap merangsang tubuh dan mengeluarkan senyawa kimia yang disebut Histamin ke aliran darah. Nah, Histamin ini lah yang menyebabkan timbulnya gejala alergi. Pada umumnya alergi pada makanan ini disebabkan dan diderita sudah sejak masih kecil. Ada juga sebagian penderita alergi pada makanan ini diturunkan dari keluarga atau penyakit keturanan.

Namun pada orang dewasa, reaksi alergi akan muncul ketika seseorang mengkonsumsi:

Alergi Makanan Gejala Penyebab Cara Mengobati

> Ikan
> Kerang
> Udang
> Kepiting
> Kacang-kacangan

Sedangkan pada anak-anak, gejala alergi akan muncul ketika mengonsumsi:

Alergi Makanan Gejala Penyebab Cara Mengobati

> Kacang
> Gandum
> Kedelai
> Telur
> Susu Sapi

Pengobatan

Cara mudah dalam mengobati alergi makanan adalah dengan jangan memakan makanan yang menyebabkan alergi tersebut terjadi. Namun demikian, walaupun terkadang sudah menghindari makanan tersebut masih saja kita tidak sengaja dalam mengonsumsi nya secara tidak sengaja. Bila hal tersebut terjadi, ada beberapa obat yang bisa digunakan dalam menangani gejala tersebut, diantaranya:

>Jika gejala yang dialami masih dalam hitungan ringan, penderita bisa menggunakan Anthistamin yang dijual secara bebas. Namun jika penderita masih mengalami hal tersebut dan bukan nya sembuh. Sesegera mungkin kedokter agar mendapatkan dosis yang lebih banyak lagi.

> Hal yang bisa lebih mengerikan lagi jika sang penderita mengalami inflaksi, ada baik nya langsung melarikan penderita ke rumah sakit terdekat, ke bagian IGD agar mendapatkan suntikan epinephirine. Dan umumnya setelah sang pasien mendapatkan suntikan tersebut. Dokter akan menyuruh sang pasien untuk selalu membawa suntikan tersebut jika mau berpergian.

Categories: